Senin, 18 Januari 2016

DAFTAR ISI


1.             Daftar isi..................................................................................................................1
2.             Pendahuluan ...........................................................................................................3

3.             Ringkasan eksekutif............................................................................................. 4
Ø  Visi
Ø  Misi
Ø  Tujuan
Ø  Sasaran
Ø  Kunci Keberhasilan Usaha

4.             Deskripsi Perusahaan ......................................................................................... 5
Ø  Produk yang Dihasilkan
Ø  Jasa Pelayanan
Ø  Ruang Lingkup Usaha
Ø  Personalia dan Peralatan Kantor

5.             Analisa Indrustri ..................................................................................................6
Ø  Analisis SWOT
Ø  Perspektif Masa depan
Ø  Analisis Persaingan
Ø  Segmentasi Pasar yang akan Dimasuki

6.             Rencana Produksi ..................................................................................................8
Ø  Proses produksi
Ø  Persyaratan Lokasi
Ø  Pengemasan Produk
Ø  Bahan baku dan penggunaannya
Ø  Perlengkapan Peralatan
Ø  Keadaan Gedung dan Perlengkapannya

7.             Rencana Pemasaran ............................................................................................10
Ø  Penetapan Harga
Ø  Pelaksanaan Distribusi
Ø  Promosi yang Dilakukan
Ø  Pengembangan Produk

8.             Rencana Organisasi .............................................................................................11
Ø  Informasi tentang Partner
Ø  Uraian tentang Kekuasaan
Ø  Latar Belakang Anggota Tim Manajemen
Ø  Peranan dan Tanggungjawab personalia

9.             Resiko ....................................................................................................................12
Ø  Evaluasi tentang Kelemahaan


10.          Rencana Permodalan .......................................................................................... 13
Ø  Neraca Permulaan Perusahaan
Ø  Proyeksi Pemasukan 6 Bulan Terakhir
Ø  Proyeksi Pengeluaran 6 Bulan Terakhir
Ø  Proyeksi Laba dan Rugi
Ø  Proyek Aliran Kas
Ø  Budget Kas
Ø  Pengeluaran Kas

11.           Penutup...................................................................................................................16































Pendahuluan

Dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, maka orang-orang akan cenderung untuk berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena pada saat ini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat dalam memilih makanan cemilan berpedoman pada rasa yang enak dan harga yang murah. Mereka sama sekali tidak memperdulikan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut.
Untuk itulah perusahaan kami bermaksud untuk membuat makanan ringan/cemilan yang memiliki cita rasa unik dan enak dengan harga yang relatif murah namun tidak mengesampingkan mutu serta kualitas gizinya.
Kami berencana untuk mengembangkan produk buatan kami yaitu “keripik salak”. Keripik ini masih sangat jarang dijumpai didaerah Purworejo khususnya. Keripik dengan bahan dasar salak ini dijamin tidak mengandung zat kimia berbahaya sebab kami selalu menjaga kebersihan dalam setiap proses produksi. Yang paling penting adalah keripik ini tidak mengandung kolesterol karena penggorengan dilakukan dengan alat penggoreng modern tanpa oksigen.
Sebenarnya, perusahaan kami sudah dua tahun ini memproduksi keripik salak dan hasilnya sangat memuaskan. Konsumen sangat menyukai produk buatan kami.  Jadi kami ingin memperbesar usaha ini agar dapat mencangkup area pemasaran yang lebih luas dan mengembangan berbagai jenis varian rasa.
















RINGKASAN EKSEKUTIF

v      VISI
             Memproduksi dan memasarkan kripik salak yang memiliki mutu terjamin dan harga terjangkau.

v      MISI
1.                   Menjaga kualitas dan terus berinovasi.
2.                   Meningkatkan mutu ,dan mengedepankan kepuasan pelanggan .
3.                   Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat.
4.                   Memasarkan kripik salak di dalam maupun di luar daerah bahkan hingga ke luar negeri .
5.                   Membuka cabang di berbagai daerah di seluruh indonesia.

v      TUJUAN
            Dengan modal yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati di pasaran karena kualitas yang terjamin dan harga yang terjangkau,juga untuk mengurangi jumlah pengangguran di daerah Jawa Tengah terutama daerah purworejo.

v     SASARAN
            Produk yang kami buat ini dapat dijangkau oleh selurung lapisan masyarakat karena harganya yang terjangkau namun tetap mengutamakan kepuasan pelanggan dengan tidak melupakan kualitasnya, sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah pelosok indonesia. Kami akan terus melakukan inovasi-inovasi terhadap produk ini agar produk ini memiliki banyak varian baik rasa ataupun bentuk sehinggan masyarakat tidak mudah bosan.

v     KUNCI KEBERHASILAN USAHA
1.                   Mempunyai etos kerja yang tinggi.
2.                   Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha.
3.                   Menerima kritik dan saran dari orang lain.
4.                   Tidak mudah putus asa.
5.                   Bersemangat dalam memulai usaha.
6.                   Disiplin dalam bekerja.
7.                   Memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan pelanggan.
8.                   Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan/partner.
9.                   Yakin bahwa usaha bisa di laksanakan dengan baik.







DISKRIPSI PERUSAHAAN

A. Produk yang Dihasilkan

Produk yang kami hasilkan ini berupa kripik yang terbuat dari salak yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas  yang mumpuni dan di segani konsumen sehingga konsumen puas dengan produk buatan kami,karena konsumen sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami. Apabila konsumen merasa puas, maka produk kami akan terus berkembang dan akan berdampak positiv demi kemajuan perusahaan kami.

     B. Jasa Pelayanan

Kami sangat mengerti kebutuhan para konsumen,maka dari itu perusahaan kami akan terus melakukan inovasi pada produk kami agar produk ini terus berkembang dan dapat menguasai semua segmen pasar. Selain itu kami juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan cara membuat berbagai varian ukuran sesuai kebutuhan konsumen.

C. Ruang lingkup Usaha

Ruang lingkup lingkup usaha ini dirancang dengan sebaik mungkin karena semua itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan ,maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan keripik SINAR CEMERLANG terletak di Desa Candisari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasi pabik tersebut sangat strategis karena letaknya yang cukup dekat dengan jalan raya yaitu jl. Tentara Pelajar no 127 kurang lebih 100 meter utara terminal purworejo. Letak yang strategis ini sangat menguntungkan bagi perusahaan sebab akan mempermudah akses dalam mendistribusikan produk kami.

D. Personalia dan Peralatan Kantor

Susunan kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam usaha ini,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana yang masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda dalam perusahaan ini. Kami tidak terlalu memerlukan banyak peralatan kantor,kami hanya membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk pengolahan atau produksi  keripik.







ANALISIS INDUSTRI

Analisis Swot

 


























A. Perspektif Masa depan

   Dengan tetap menjaga mutu dan kualitas,kami yakin bahwa perusahaan kami kedepannya akan menjadi salah satu perusahaan besar yang terkemuka.melihat kondisi pasaran yang saat ini semakin pesat dengan munculnya industri-industri yang semakin maju,membuat kami semakin tertantang untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas baik itu dalam bekerja maupun hasil produksinya.
Apabila kedepannya perusahaan kami sudah mendapat konsumen dengan jumlah yang banyak,untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan juga pemasaran,kami akan membuka anak perusahaan di daerah lain yang mempunyai perspektif baik itu dari segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar.

B. Analisis Persaingan

 Persaingan dalam dunia bisnis tak dapat di elakkan. Seorang wirausahawan akan maju apabila ia mau berusaha untuk bersaing. Bekerja keras agar usaha yang ia geluti menjadi terbaik di antara sekian banyak para wirausahawan.
            Begitu juga kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat bersaing dengan saingan-saingan kami,yaitu:
1.                   Perusahaan dengan jenis produk yang sama
2.                   Perusahaan dalam satu areal wilayah kerja.
            Guna menunjang hasil persaingan yang baik,kami akan lebih selektif dalam bekerja yang meliputi proses produksi dan pemasaran.Dengan keselektifan tersebut,kami yakin perusahaan lain akan menganggap perusahaan kami sebagai saingan terberat.

C. Segmentasi Pasar yang akan Dimasuki

Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan,dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi perkembangan perusahaan tersebut. Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah perkotaan. Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan perusahaan kami, kondisi persaingan dalam pemasaran,reaksi para pesaing dan biaya promosi atau iklan.Selain hal tersebut di atas,dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, perusahaan kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.




















RENCANA PRODUKSI

.
·                      PERSYARATAN LOKASI

1.        Lokasi yang tidak terlalu jauh dari perumahan penduduk dan jalan raya.
2.        Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
3.        Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk usaha .

·                      SUMBER – SUMBER BAHAN BAKU

Bahan baku  berupa salak kami dapatkan dari desa Nglumut kecamatan Srubung kabupaten Magelang yang sudah teruji dan terbukti kualitasnya. Daerah lain yang mempunyai sumber daya salak yang kami butuhkan sebagai sumber bahan baku juga dengan membeli dari para petani salak di daerah-daerah lain salah satunya dari daerah sleman agar harganya lebih murah dan tidak merugikan berbagai pihak,baik dari petani maupun dari perusahaan kami.

·                      PROSES PRODUKSI

 Proses produksi yang kami rencanakan dan kami jalankan dalam perusahaan keripik sinar cemerlang ini adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan :
§     100 kg buah salak yang sudah matang
§     8 kg gula pasir
§     120 ml air kapur sirih
§     20 liter air bersih
§     750 gr garam halus
§     minyak untuk menggoreng secukupnya


1.                   Kupas kulit salak kemudian salak dipisahkan daging dan bijinya.
2.                   Setelah itu salak dibelah menjadi dua bagian.
3.                  Rendam buah salak yang sudah dibelah dua kedalam air yang sudah dicampur dengan air kapur sirih.
4.                   Biarkan salak direndam kira-kira selama 5-6 jam.
5.                   Kemudian salak dicuci dengan air sampai benar-benar bersih, keringkan.
6.                  Goreng salak dalam mesin penggoreng hampa udara atau yang lebih dikenal dengan nama mesin vacum fryer yang sudah diisi minyak.
7.                  Tunggu sampai keripik salak matang dan kadar airnya sudah dihisap semua oleh mesin vacum fryer, angkat tiriskan.
8.                  Keripik salak siap untuk dikemas.
Dalam sekali proses produksi di atas dapat menghasilkan kurang lebih 25kg kripik salak. Keripik yang digoreng hari ini sudah direndam sejak kemarin agar proses produksi lebih efisien. Jadi dalam satu hari produksi kami dapat menghasilkan sekitar 150kg keripik dan siap untuk didisribusikan.

·                      PENGEMASAN PRODUK

Produk keripik salak dikemas dalam plastik tebal dengan berat bersih sesuai ukuran kemasan karena kami menyediakan berbagai ukuran kemasan yaitu 1kg, 500gr, 250gr, 100gr dan 50gr. Dalam kemasan kami menyantumkan gambar keripik salak, komposisi, berat bersih, produksi PT, informasi nilai gizi dan tidak lupa label HALAL dari MUI karena kami sudah mendapat label tersebut secara resmi sejak pertama usaha ini dibuka. Untuk pendistribusian ke toko-toko yang cukup jauh dan dalam jumlah banyak, kami mengemas produk ini dengan kardus sebagai kemasan sekunder demi menjaga produk agar tidak rusak dan mudah dalam penataannya saat dalam proses pendistribusian.
Kemasan kami buat semenarik mungkin karena dengan kemasan yang menarik akan menambah daya tarik bagi konsumen.

·                      KEADAAN GEDUNG DAN PERLENGKAPANNYA

Mengenai gedung yang di gunakan untuk pabrik terdapat di wilayah yang tidak jauh dari tempat tinggal penduduk dan jalan raya,di perusahaan kami terdapat pabrik dengan satu gudang untuk penyimpanan salak yang belum diolah, satu gudang untuk penyimpanan barang produksi siap didistribusikan, 1 buah mobil pick up dan alat-alat yang di gunakan untuk pengolahan salak seperti 3 alat penggoreng dan 8 buah pisau.




















RENCANA PEMASARAN

Pemasaran adalah usaha untuk mencari, menemukan dan mempertahankan konsumen. Strategi pemasaran yang utama adalah mencari kepuasan konsumen. Dalam sebuah perusahaan, bagian produksi dan pemasaran harus seimbang, karena apabila pemasaran tidak berjalan dengan lancar akan terjadi penumpukan hasil produksi. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, mengingat produk kripik salak mudah rusak .Oleh karena itu, kami harus bisa memasarkan hasil produksi dan mencari pelanggan.

A.        Penetapan Harga

Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,akhirnya kami tetapkan bahwa harga per ons-nya kripik salak adalah Rp.16.500,00  agar kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan namun juga sesuai dengan biaya produksi dan modal kami serta dapat dinikmati semua lapisan masyarakat .

B.         Pelaksanaan Distribusi

Perusahaan kami menggunakan prinsip “jemput bola”, jadi kendaraan untuk pendistribusian sangat penting demi menunjang kegiatan pemasaran kami. Kami akan mengantarkan produk kami ke warung-warung dari perkotaan sampai pedesaan untuk mencari pelanggan yang sebanyak-banyaknya baik dengan menggunakan sepeda motor dan menggunakan mobil untuk pendistribusian dengan jumlah banyak.

C.         Promosi yang akan Dilakukan

Untuk promosi usaha, kami akan mengunakan media cetak seperti koran  maupun media elektronik yaitu radio. Selain itu kepuasan konsumen akan secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

D.        Pengembangan Produk

Untuk perencanaan pengembangan hasil produk dalam perusahaan keripik ini,kami telah menyusun berbagai cara jitu yang nantinya akan membuat perusahaan keripik ini berkembang dengan pesat,berkualitas tinggi dan di segani para konsumen. Salah satunya kami akan menyediakan berbagai varian rasa yaitu original, pedas, pedas manis dan keju. Selain itu saat ini kami juga sedang mengembangkan varian rasa yang lainnya.





RENCANA ORGANISASI

A.        Informasi tentang Partner

Dalam sebuah usaha tentunya tidak dapat berjalan lancar tanpa partner,karena partner adalah salah satu dari pengembangan pendistribusian dalam usaha tersebut. Maka dari itu dalam perusahaan ini kami mencari partner yang kami anggap cocok,bisa di percaya untuk pengembangan usaha kami dan tentunya menguntungkan. Partner yang biasa kami pilih yaitu toko makanan ringan dan toko oleh-oleh. Dalam hal ini kami baru mempunyai beberapa partner saja maka dari itu kami terus mencari partner yang sebanyak-banyaknya demi kelancaran pendistribusian produk keripik salak kami.

B.         Uraian tentang Kekuasaan

Masing-masing bagian telah memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah di tentukan perusahaan,sehingga tidak akan terjadi bentrokkan atau kekacauan dari bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Untuk bagian produksi bertugas memproduksi keripik salak,bagian pemasaran bertugas menjual/mendistribusikan hasil produksi dan bagian administrasi bertugas mencatat barang yang keluar masuk serta mencatat pendapatan perusahaan.

C.         Latar belakang Anggota Tim Manajemen

Tenaga kerja adalah suatu komponen pada unit usaha tertentu yang merupakan penggerak dari seluruh unit kegiatan karyawan di perusahaan kami datang dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda,kebanyakan dari karyawan kami tidak memiliki lulusan pendidikan,hanya yang memiliki lulusan pendidikan bekerja di bagian kantor perusahaan itupun paling tinggi lulusan SMA/SMK.Sebagian besar karyawan berasal dari wilayah sekitar pedesaan. Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat diutamakan pada semua karyawan demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
Anggota atau karyawan dari perusahaan SINAR CEMERLANG ini jelas diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga kecil kemungkinan terjadi ketidak profesionalan atau kesalahan kerja.Sebagai menejer tentunya memiliki keahlian yang memadai guna kelancaran dan kemajuan bisnis suatu perusahaan.

D.        Peranan dan Tanggungjawab personalia

Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
1.             Manager berperan dalam memimpin dan memenej para karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab atas maju mundurnya perusahaan.
2.            Karyawan bertugas melakukan kegiatan produksi, distribusi dan pemasaran sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.

RESIKO

A.        Evaluasi tentang Kelemahan

Dalam sebuah usaha tentunya tidak selalu terjadi kesuksesan,tetapi ada juga suatu kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam perkembangan perusahaan,maka dari itu pihak perusahaan harus bisa mengevaluasi dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan harus menganalisisnya untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang terjadi dalam perusahaan kami yaitu kurangnya modal yang membuat perkembangan perusahaan kami sedikit tidak berjalan dengan lancar,selain itu persaingan antar perusahaan keripik dan pendistribusian di sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
Faktor yang tak terduga yang dapat mengurangi produktifitas perusahaan ini antara lain yaitu cuaca. Cuaca yang tidak menentu yang menghambat proses produksi di perusahaan kami, karena apabila cuaca sedang buruk maka kegiatan pendistribusian menjadi terhambat .
Produk kami juga tidak mengandung pengawet buatan karena kami sangat menjaga mutu produk kami. Akan tetapi ham itu justru dapat menjadi bumerang bagi perusahaan kami karena keawetan barang pruduksi tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Produk ini hanya mampu pertahan tidak lebih dari 2 bulan, namun hal tersebut bisa diatasi apabila dalam proses distribusi dan pemasaran tidak mengalami hambatan. Salah satu cara untuk mengatasi agar proses distribusi dan pemasaran tidak terhambat yaitu dengan mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Sehingga tidak akan ada barang produksi yang tersimpan di gudang terlalu lama. Jadi pada intinya kami juga akan menambah jumlah tenaga kerja untuk bagian pendistribusian.














RENCANA PERMODALAN

Neraca Permulaan Perusahaan

1.Sumber Modal
·                     Modal sendiri                                                                      Rp.25.000.000,00
·                     Modal Kredit Bank                                                             Rp.10.000.000,00
2.Investasi
·                     Tanah seluas 25m2                                                                                          Rp.5.000.000,00
·                     Bangunan Seluas 20 m2                                                                             Rp.10.000.000,00


·                     Mesin penggoreng                                                             Rp.5.000.000,00
·                     Lain-lain                                                                                Rp.400.000,00


3.Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
·                      Salak                                                                                      Rp.1.2500.000,00
·                      Minyak goreng                                                                     Rp.200.000,00
·                      Gaji karyawan                                                                      Rp.500.000,00
·                      Gaji Pemilik Perusahaan                                                    Rp.1.000.000,00
·                      Biaya makan 2 karyawan                                                   Rp.300.000,00 
·                      Biaya pendistribusian                                                         Rp.1.050.000,00
4.Pajak
·                     PBB/bulan                                                                             Rp.17.000,00
Jumlah                                                      Rp.60.770.000
Proyeksi Pendapatan Perusahaan 6 Bulan Terakhir

Uraian
Jan
Feb
Mart
Aprl
Mei
Juni
Hasil Penjualan Tunai
5400
5450
5500
5400
5520
5610
Penagihan Piutang
1250
1100
1200
1350
1400
1300
Penerimaan Lain
550
670
560
500
640
510
Total penerimaan
7200
7220
7260
7250
7560
7420

Proyeksi Pengeluaran Perusahaan 6 Bulan Terakhir

Uraian
Jan
Feb
Mart
Aprl
Mei
Juni
Pembelian Bahan Mentah
360
360
365
350
360
354
Pembayaran Upah
1875
1875
1875
1875
1875
1875
Biaya Administrasi
300
300
250
300
300
300
Biaya
Penjualan
1500
1450
1550
1460
1500
1560
Pajak
-
-
-
-
-
200
Total Pengeluaran
4035
3985
4040
3985
4035
4289

Proyeksi Laba Dan Rugi

Uraian
Jan
Feb
Mart
Aprl
Mei
juni
Jumlah Penerimaan
7200
7220
7260
7250
7560
7420
Jumlah Pengeluaran
4035
3985
4040
3985
4035
4289
Surplus
3165
3235
3220
3265
3515
3131

Penerimaan saldo akhir bulan Desember 2015 adalah Rp.1.340.000
Kredit yang di minta untuk bulan januari Rp 4.000.000,00 dan Untuk Februari Rp. 3.000.000,00 Pembayaran Kredit sebagian akan dilakukan maret Rp.1000.000,00
April Rp 2500.000,00. Mei Rp. 2500.000,00 dan juni Rp.1.000.000,00

Uraian
Jan
Feb
Mart
April
Mei
Juni
Saldo
Kas PB
1000
3660
6340
6660
4830
3450
Terima Kredit dari PB
4000
3000
Membayar Kembali Kredit PB
1000
2500
2500
1000
Alat Likuid tersedia pada PB
5000
6660
5340
4160
2330
2450
Surplus(Defisit)
1260
260
1400
800
1300
2300
Pembayaran bunga AB
80
60
80
130
180
200
Saldo
KAS
366
6340
6660
4830
3450
4550

Budget Kas

Uraian
Jan
Feb
Mart
April
Mei
Juni
Saldo Kas PB
1000
3660
6340
6660
4830
3450
Pemasukan Kas
Penagihan Piutang
3000
3000
3500
3000
3000
3500
Penerimaan Kredit
4000
3000
Penerimaan Lain
2000
2000
1500
2000
2000
2500
Jumlah penerimaan
14000
14000
12500
12500
13000
14000
Jumlah kas keseluruhan
15000
17660
18840
19160
17830
17450

­  Angka diatas dikalikan 10.000
PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucapkan syukur kepada Tuhan YME karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan proposal kami. Dan tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepad semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupaka tahap awal kami dalam mengembangkan usaha keripik salak kami. Dengan selesainya proposal ini , kami berharap dapat segera mengembangkan usaha bisnis ini.

Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami untuk dapat menjadi lebih baik lagi di hari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar