DAFTAR ISI
1.
Daftar
isi..................................................................................................................1
2.
Pendahuluan ...........................................................................................................3
3.
Ringkasan eksekutif.............................................................................................
4
Ø Visi
Ø Misi
Ø Tujuan
Ø Sasaran
Ø Kunci Keberhasilan Usaha
4.
Deskripsi Perusahaan .........................................................................................
5
Ø Produk yang Dihasilkan
Ø Jasa Pelayanan
Ø Ruang Lingkup Usaha
Ø Personalia dan Peralatan
Kantor
5.
Analisa Indrustri
..................................................................................................6
Ø Analisis SWOT
Ø Perspektif
Masa depan
Ø Analisis
Persaingan
Ø Segmentasi
Pasar yang akan Dimasuki
6.
Rencana Produksi
..................................................................................................8
Ø Proses produksi
Ø Persyaratan Lokasi
Ø Pengemasan Produk
Ø Bahan baku dan
penggunaannya
Ø Perlengkapan Peralatan
Ø Keadaan
Gedung dan Perlengkapannya
7.
Rencana Pemasaran ............................................................................................10
Ø Penetapan Harga
Ø Pelaksanaan Distribusi
Ø Promosi yang Dilakukan
Ø Pengembangan Produk
8.
Rencana Organisasi
.............................................................................................11
Ø Informasi tentang Partner
Ø Uraian tentang Kekuasaan
Ø Latar Belakang Anggota Tim
Manajemen
Ø Peranan
dan Tanggungjawab personalia
9.
Resiko ....................................................................................................................12
Ø Evaluasi tentang
Kelemahaan
10.
Rencana Permodalan
..........................................................................................
13
Ø Neraca Permulaan
Perusahaan
Ø Proyeksi Pemasukan 6 Bulan
Terakhir
Ø Proyeksi Pengeluaran 6
Bulan Terakhir
Ø Proyeksi Laba dan Rugi
Ø Proyek Aliran Kas
Ø Budget Kas
Ø Pengeluaran Kas
11.
Penutup...................................................................................................................16
Pendahuluan
Dengan perkembangan zaman
dan teknologi yang semakin maju, maka orang-orang akan cenderung untuk
berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena pada saat ini
banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.
Sebagian masyarakat dalam memilih makanan cemilan berpedoman pada rasa yang
enak dan harga yang murah. Mereka sama sekali tidak memperdulikan kandungan
yang terdapat pada makanan tersebut.
Untuk itulah perusahaan kami
bermaksud untuk membuat makanan ringan/cemilan yang memiliki cita rasa unik dan
enak dengan harga yang relatif murah namun tidak mengesampingkan mutu serta
kualitas gizinya.
Kami berencana untuk
mengembangkan produk buatan kami yaitu “keripik salak”. Keripik ini masih
sangat jarang dijumpai didaerah Purworejo khususnya. Keripik dengan bahan dasar
salak ini dijamin tidak mengandung zat kimia berbahaya sebab kami selalu
menjaga kebersihan dalam setiap proses produksi. Yang paling penting adalah
keripik ini tidak mengandung kolesterol karena penggorengan dilakukan dengan
alat penggoreng modern tanpa oksigen.
Sebenarnya, perusahaan kami
sudah dua tahun ini memproduksi keripik salak dan hasilnya sangat memuaskan.
Konsumen sangat menyukai produk buatan kami. Jadi kami ingin memperbesar usaha ini agar
dapat mencangkup area pemasaran yang lebih luas dan mengembangan berbagai jenis
varian rasa.
RINGKASAN EKSEKUTIF
v
VISI
Memproduksi dan
memasarkan kripik salak yang memiliki mutu terjamin dan harga terjangkau.
v
MISI
1.
Menjaga kualitas dan terus berinovasi.
2.
Meningkatkan mutu ,dan mengedepankan kepuasan
pelanggan .
3.
Memberikan harga produk yang terjangkau oleh
masyarakat.
4.
Memasarkan kripik salak di dalam maupun di luar daerah
bahkan hingga ke luar negeri .
5.
Membuka cabang di berbagai daerah di seluruh
indonesia.
v
TUJUAN
Dengan modal
yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati di pasaran karena
kualitas yang terjamin dan harga yang terjangkau,juga untuk mengurangi jumlah
pengangguran di daerah Jawa Tengah terutama daerah purworejo.
v
SASARAN
Produk yang
kami buat ini dapat dijangkau oleh selurung lapisan masyarakat karena harganya
yang terjangkau namun tetap mengutamakan kepuasan pelanggan dengan tidak
melupakan kualitasnya, sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah
pelosok indonesia. Kami akan terus melakukan inovasi-inovasi terhadap
produk ini agar produk ini memiliki banyak varian baik rasa ataupun bentuk
sehinggan masyarakat tidak mudah bosan.
v
KUNCI KEBERHASILAN USAHA
1.
Mempunyai etos kerja yang tinggi.
2.
Menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha.
3.
Menerima kritik dan saran dari orang lain.
4.
Tidak mudah putus asa.
5.
Bersemangat dalam memulai usaha.
6.
Disiplin dalam bekerja.
7.
Memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan
pelanggan.
8.
Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan/partner.
9.
Yakin bahwa usaha bisa di laksanakan dengan baik.
DISKRIPSI PERUSAHAAN
A. Produk
yang Dihasilkan
Produk yang kami hasilkan ini berupa kripik yang
terbuat dari salak yang telah kami olah dengan memenuhi prosedur yang
ditetapkan bersama guna menjaga kualitas yang mumpuni dan di segani
konsumen sehingga konsumen puas dengan produk buatan kami,karena konsumen
sangat berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami. Apabila konsumen merasa
puas, maka produk kami akan terus berkembang dan akan berdampak positiv demi
kemajuan perusahaan kami.
B. Jasa Pelayanan
Kami sangat mengerti kebutuhan para konsumen,maka dari
itu perusahaan kami akan terus melakukan inovasi pada produk kami agar produk
ini terus berkembang dan dapat menguasai semua segmen pasar. Selain itu kami
juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada konsumen dengan cara membuat
berbagai varian ukuran sesuai kebutuhan konsumen.
C. Ruang
lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha ini dirancang dengan
sebaik mungkin karena semua itu dapat berpengaruh terhadap perkembangan
perusahaan ,maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk
konsumen.
Perusahaan keripik SINAR CEMERLANG terletak di Desa Candisari,
Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Lokasi pabik tersebut sangat
strategis karena letaknya yang cukup dekat dengan jalan raya yaitu jl. Tentara
Pelajar no 127 kurang lebih 100 meter utara terminal purworejo. Letak yang
strategis ini sangat menguntungkan bagi perusahaan sebab akan mempermudah akses
dalam mendistribusikan produk kami.
D. Personalia
dan Peralatan Kantor
Susunan kegiatan personalia bagi sebuah perusahaan
wajib ada,namun dalam usaha ini,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk
sederhana yang masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab
yang berbeda dalam perusahaan ini. Kami tidak terlalu memerlukan banyak peralatan kantor,kami hanya
membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk pengolahan atau
produksi keripik.
ANALISIS INDUSTRI
Analisis
Swot

A. Perspektif
Masa depan
Dengan tetap menjaga
mutu dan kualitas,kami yakin bahwa perusahaan kami kedepannya akan menjadi
salah satu perusahaan besar yang terkemuka.melihat kondisi pasaran yang saat
ini semakin pesat dengan munculnya industri-industri yang semakin maju,membuat
kami semakin tertantang untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas
baik itu dalam bekerja maupun hasil produksinya.
Apabila kedepannya perusahaan kami sudah mendapat
konsumen dengan jumlah yang banyak,untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan
juga pemasaran,kami akan membuka anak perusahaan di daerah lain yang mempunyai
perspektif baik itu dari segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar.
B. Analisis
Persaingan
Persaingan dalam dunia
bisnis tak dapat di elakkan. Seorang wirausahawan akan maju apabila ia mau
berusaha untuk bersaing. Bekerja keras agar usaha yang ia geluti menjadi terbaik
di antara sekian banyak para wirausahawan.
Begitu juga kami akan berusaha
semaksimal mungkin untuk dapat bersaing dengan saingan-saingan kami,yaitu:
1.
Perusahaan dengan jenis produk yang sama
2.
Perusahaan dalam satu areal wilayah kerja.
Guna menunjang hasil persaingan yang
baik,kami akan lebih selektif dalam bekerja yang meliputi proses produksi dan
pemasaran.Dengan keselektifan tersebut,kami yakin perusahaan lain akan
menganggap perusahaan kami sebagai saingan terberat.
C. Segmentasi
Pasar yang akan Dimasuki
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan
ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan
cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari
pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat
mengurangi penghasilan perusahaan,dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi
perkembangan perusahaan tersebut. Maka dari itu kami memilih lokasi
yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari daerah
perkotaan. Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu
permintaan terhadap produk buatan perusahaan kami, kondisi persaingan dalam
pemasaran,reaksi para pesaing dan biaya promosi atau iklan.Selain hal tersebut
di atas,dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, perusahaan kami
mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai
dengan keadaan.
RENCANA PRODUKSI
.
·
PERSYARATAN LOKASI
1.
Lokasi yang tidak terlalu jauh dari perumahan penduduk
dan jalan raya.
2.
Lokasi mudah terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
3.
Lokasi terpilih bersifat menetap, artinya tidak mudah
terganggu oleh keperluan-keperluan lain selain untuk usaha .
·
SUMBER – SUMBER BAHAN BAKU
Bahan
baku berupa salak kami dapatkan dari
desa Nglumut kecamatan Srubung kabupaten Magelang yang sudah teruji dan
terbukti kualitasnya. Daerah lain yang mempunyai sumber daya salak yang kami
butuhkan sebagai sumber bahan baku juga dengan membeli dari para petani
salak di daerah-daerah lain salah satunya dari daerah sleman agar harganya
lebih murah dan tidak merugikan berbagai pihak,baik dari petani maupun
dari perusahaan kami.
·
PROSES PRODUKSI
Proses produksi
yang kami rencanakan dan kami jalankan dalam perusahaan keripik sinar cemerlang
ini adalah sebagai berikut:
Bahan-bahan :
§
100 kg buah salak yang sudah matang
§
8 kg gula pasir
§
120 ml air kapur sirih
§
20 liter air bersih
§
750 gr garam halus
§
minyak untuk menggoreng secukupnya
1.
Kupas kulit salak kemudian salak dipisahkan daging dan
bijinya.
2.
Setelah itu salak dibelah menjadi dua bagian.
3.
Rendam buah salak yang sudah dibelah dua kedalam air
yang sudah dicampur dengan air kapur sirih.
4.
Biarkan salak direndam kira-kira selama 5-6 jam.
5.
Kemudian salak dicuci dengan air sampai benar-benar
bersih, keringkan.
6.
Goreng salak dalam mesin penggoreng hampa udara atau
yang lebih dikenal dengan nama mesin vacum fryer yang sudah diisi minyak.
7.
Tunggu sampai keripik salak matang dan kadar airnya
sudah dihisap semua oleh mesin vacum fryer, angkat tiriskan.
8.
Keripik salak siap untuk dikemas.
Dalam sekali
proses produksi di atas dapat menghasilkan kurang lebih 25kg kripik salak.
Keripik yang digoreng hari ini sudah direndam sejak kemarin agar proses
produksi lebih efisien. Jadi dalam satu hari produksi kami dapat menghasilkan
sekitar 150kg keripik dan siap untuk didisribusikan.
·
PENGEMASAN PRODUK
Produk keripik salak dikemas dalam plastik tebal dengan berat bersih
sesuai ukuran kemasan karena kami menyediakan berbagai ukuran kemasan yaitu
1kg, 500gr, 250gr, 100gr dan 50gr. Dalam kemasan kami menyantumkan gambar
keripik salak, komposisi, berat bersih, produksi PT, informasi nilai gizi dan
tidak lupa label HALAL dari MUI karena kami sudah mendapat label tersebut
secara resmi sejak pertama usaha ini dibuka. Untuk pendistribusian ke toko-toko
yang cukup jauh dan dalam jumlah banyak, kami mengemas produk ini dengan kardus
sebagai kemasan sekunder demi menjaga produk agar tidak rusak dan mudah dalam
penataannya saat dalam proses pendistribusian.
Kemasan kami buat semenarik mungkin karena dengan kemasan yang menarik
akan menambah daya tarik bagi konsumen.
·
KEADAAN GEDUNG DAN PERLENGKAPANNYA
Mengenai gedung yang di gunakan untuk pabrik terdapat
di wilayah yang tidak jauh dari tempat tinggal penduduk dan jalan raya,di
perusahaan kami terdapat pabrik dengan satu gudang untuk penyimpanan salak yang
belum diolah, satu gudang untuk penyimpanan barang produksi siap
didistribusikan, 1 buah mobil pick up dan alat-alat yang di gunakan untuk
pengolahan salak seperti 3 alat penggoreng dan 8 buah pisau.
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah usaha untuk mencari, menemukan dan
mempertahankan konsumen. Strategi pemasaran yang utama adalah mencari kepuasan
konsumen. Dalam sebuah perusahaan, bagian produksi dan pemasaran harus
seimbang, karena apabila pemasaran tidak berjalan dengan lancar akan terjadi
penumpukan hasil produksi. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, mengingat produk
kripik salak mudah rusak .Oleh karena itu, kami harus bisa memasarkan hasil
produksi dan mencari pelanggan.
A.
Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan dengan cukup matang,akhirnya
kami tetapkan bahwa harga per ons-nya kripik salak adalah Rp.16.500,00 agar
kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan namun juga sesuai
dengan biaya produksi dan modal kami serta dapat dinikmati semua lapisan
masyarakat .
B.
Pelaksanaan Distribusi
Perusahaan kami menggunakan prinsip “jemput bola”,
jadi kendaraan untuk pendistribusian sangat penting demi menunjang kegiatan
pemasaran kami. Kami akan mengantarkan produk kami ke warung-warung dari
perkotaan sampai pedesaan untuk mencari pelanggan yang sebanyak-banyaknya baik
dengan menggunakan sepeda motor dan menggunakan mobil untuk pendistribusian
dengan jumlah banyak.
C.
Promosi yang akan Dilakukan
Untuk promosi usaha, kami akan mengunakan media cetak
seperti koran maupun media elektronik
yaitu radio. Selain itu kepuasan konsumen akan secara tidak langsung membantu
dalam memperkenalkan produk kami kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara
tidak langsung konsumen kami akan terus bertambah dari waktu ke waktu.
D.
Pengembangan Produk
Untuk perencanaan pengembangan hasil produk dalam
perusahaan keripik ini,kami telah menyusun berbagai cara jitu yang nantinya
akan membuat perusahaan keripik ini berkembang dengan pesat,berkualitas tinggi
dan di segani para konsumen. Salah satunya kami akan menyediakan berbagai
varian rasa yaitu original, pedas, pedas manis dan keju. Selain itu saat ini
kami juga sedang mengembangkan varian rasa yang lainnya.
RENCANA ORGANISASI
A.
Informasi tentang Partner
Dalam sebuah usaha tentunya tidak dapat berjalan
lancar tanpa partner,karena partner adalah salah satu dari pengembangan pendistribusian
dalam usaha tersebut. Maka dari itu dalam perusahaan ini kami mencari
partner yang kami anggap cocok,bisa di percaya untuk pengembangan usaha kami
dan tentunya menguntungkan. Partner yang biasa kami pilih yaitu toko makanan
ringan dan toko oleh-oleh. Dalam hal ini kami baru mempunyai beberapa
partner saja maka dari itu kami terus mencari partner yang sebanyak-banyaknya
demi kelancaran pendistribusian produk keripik salak kami.
B.
Uraian tentang Kekuasaan
Masing-masing bagian telah memiliki kekuasaan dan
tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah di tentukan
perusahaan,sehingga tidak akan terjadi bentrokkan atau kekacauan dari bagian
yang satu dengan bagian yang lainnya. Untuk bagian produksi bertugas memproduksi
keripik salak,bagian pemasaran bertugas menjual/mendistribusikan hasil produksi
dan bagian administrasi bertugas mencatat barang yang keluar masuk serta
mencatat pendapatan perusahaan.
C.
Latar belakang Anggota Tim Manajemen
Tenaga kerja adalah suatu komponen pada unit usaha
tertentu yang merupakan penggerak dari seluruh unit kegiatan karyawan di
perusahaan kami datang dari latar belakang pendidikan yang
berbeda-beda,kebanyakan dari karyawan kami tidak memiliki lulusan pendidikan,hanya
yang memiliki lulusan pendidikan bekerja di bagian kantor perusahaan itupun
paling tinggi lulusan SMA/SMK.Sebagian besar karyawan berasal dari wilayah
sekitar pedesaan. Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat diutamakan
pada semua karyawan demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
Anggota atau karyawan dari perusahaan SINAR CEMERLANG ini
jelas diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing – masing, sehingga kecil
kemungkinan terjadi ketidak profesionalan atau kesalahan kerja.Sebagai menejer
tentunya memiliki keahlian yang memadai guna kelancaran dan kemajuan bisnis
suatu perusahaan.
D.
Peranan dan Tanggungjawab personalia
Masing-masing personalia memiliki tanggungjawab
sendiri, yaitu sebagai berikut:
1.
Manager berperan dalam memimpin dan memenej para karyawan
dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab atas maju
mundurnya perusahaan.
2.
Karyawan bertugas melakukan kegiatan produksi,
distribusi dan pemasaran sekaligus memberi masukan tentang bagaimana cara
yang lebih baik untuk memajukan perusahaan.
RESIKO
A.
Evaluasi tentang Kelemahan
Dalam sebuah usaha tentunya tidak selalu terjadi
kesuksesan,tetapi ada juga suatu kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut
merupakan sebuah kelemahan dalam perkembangan perusahaan,maka dari itu pihak perusahaan
harus bisa mengevaluasi dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan harus
menganalisisnya untuk menemukan cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan
itu.
Salah satu kendala/kelemahan yang terjadi dalam
perusahaan kami yaitu kurangnya modal yang membuat perkembangan perusahaan kami
sedikit tidak berjalan dengan lancar,selain itu persaingan antar perusahaan keripik
dan pendistribusian di sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
Faktor yang tak terduga yang dapat mengurangi
produktifitas perusahaan ini antara lain yaitu cuaca. Cuaca yang tidak menentu yang menghambat proses produksi di perusahaan
kami, karena apabila cuaca sedang buruk maka kegiatan
pendistribusian menjadi terhambat .
Produk kami juga tidak mengandung pengawet buatan
karena kami sangat menjaga mutu produk kami. Akan tetapi ham itu justru dapat
menjadi bumerang bagi perusahaan kami karena keawetan barang pruduksi tidak
bisa bertahan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Produk ini hanya mampu
pertahan tidak lebih dari 2 bulan, namun hal tersebut bisa diatasi apabila
dalam proses distribusi dan pemasaran tidak mengalami hambatan. Salah satu cara
untuk mengatasi agar proses distribusi dan pemasaran tidak terhambat yaitu
dengan mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Sehingga tidak akan ada barang produksi
yang tersimpan di gudang terlalu lama. Jadi pada intinya kami juga akan
menambah jumlah tenaga kerja untuk bagian pendistribusian.
RENCANA PERMODALAN
Neraca Permulaan
Perusahaan
1.Sumber Modal
·
Modal sendiri
Rp.25.000.000,00
·
Modal Kredit Bank
Rp.10.000.000,00
2.Investasi
·
Tanah seluas 25m2
Rp.5.000.000,00
·
Bangunan Seluas 20 m2
Rp.10.000.000,00
·
Mesin penggoreng Rp.5.000.000,00
·
Lain-lain Rp.400.000,00
3.Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
·
Salak
Rp.1.2500.000,00
·
Minyak goreng
Rp.200.000,00
·
Gaji karyawan Rp.500.000,00
·
Gaji Pemilik
Perusahaan Rp.1.000.000,00
·
Biaya makan 2 karyawan
Rp.300.000,00
·
Biaya pendistribusian Rp.1.050.000,00
4.Pajak
·
PBB/bulan Rp.17.000,00

Jumlah
Rp.60.770.000
Proyeksi
Pendapatan Perusahaan 6 Bulan Terakhir
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
Juni
|
Hasil Penjualan Tunai
|
5400
|
5450
|
5500
|
5400
|
5520
|
5610
|
Penagihan
Piutang
|
1250
|
1100
|
1200
|
1350
|
1400
|
1300
|
Penerimaan
Lain
|
550
|
670
|
560
|
500
|
640
|
510
|
Total penerimaan
|
7200
|
7220
|
7260
|
7250
|
7560
|
7420
|
Proyeksi
Pengeluaran Perusahaan 6 Bulan Terakhir
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
Juni
|
Pembelian Bahan Mentah
|
360
|
360
|
365
|
350
|
360
|
354
|
Pembayaran Upah
|
1875
|
1875
|
1875
|
1875
|
1875
|
1875
|
Biaya Administrasi
|
300
|
300
|
250
|
300
|
300
|
300
|
Biaya
Penjualan
|
1500
|
1450
|
1550
|
1460
|
1500
|
1560
|
Pajak
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
200
|
Total Pengeluaran
|
4035
|
3985
|
4040
|
3985
|
4035
|
4289
|
Proyeksi Laba Dan Rugi
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
juni
|
Jumlah Penerimaan
|
7200
|
7220
|
7260
|
7250
|
7560
|
7420
|
Jumlah Pengeluaran
|
4035
|
3985
|
4040
|
3985
|
4035
|
4289
|
Surplus
|
3165
|
3235
|
3220
|
3265
|
3515
|
3131
|
Penerimaan saldo akhir bulan Desember 2015
adalah Rp.1.340.000
Kredit yang di minta untuk bulan januari Rp
4.000.000,00 dan Untuk Februari Rp. 3.000.000,00 Pembayaran Kredit sebagian
akan dilakukan maret Rp.1000.000,00
April Rp 2500.000,00. Mei Rp. 2500.000,00 dan juni
Rp.1.000.000,00
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Saldo
Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
Terima Kredit dari
PB
|
4000
|
3000
|
–
|
–
|
–
|
–
|
Membayar Kembali
Kredit PB
|
–
|
–
|
1000
|
2500
|
2500
|
1000
|
Alat Likuid tersedia
pada PB
|
5000
|
6660
|
5340
|
4160
|
2330
|
2450
|
Surplus(Defisit)
|
1260
|
260
|
1400
|
800
|
1300
|
2300
|
Pembayaran bunga AB
|
80
|
60
|
80
|
130
|
180
|
200
|
Saldo
KAS
|
366
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
4550
|
Budget Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Saldo Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
Pemasukan Kas
|
||||||
Penagihan Piutang
|
3000
|
3000
|
3500
|
3000
|
3000
|
3500
|
Penerimaan Kredit
|
4000
|
3000
|
–
|
–
|
–
|
–
|
Penerimaan Lain
|
2000
|
2000
|
1500
|
2000
|
2000
|
2500
|
Jumlah penerimaan
|
14000
|
14000
|
12500
|
12500
|
13000
|
14000
|
Jumlah kas keseluruhan
|
15000
|
17660
|
18840
|
19160
|
17830
|
17450
|
Angka diatas dikalikan 10.000
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan
dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucapkan syukur kepada
Tuhan YME karena atas segala rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan
proposal kami. Dan tidak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepad semua
pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini
merupaka tahap awal kami dalam mengembangkan usaha keripik salak kami. Dengan
selesainya proposal ini , kami berharap dapat segera mengembangkan usaha bisnis
ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua
pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna.
Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi
kami untuk dapat menjadi lebih baik lagi di hari esok. Atas segala waktu dan
perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar